Untuk sementara ini, form embed Scalev yang disematkan di luar platform Scalev tidak dapat melacak UTM.
Contoh casenya, misal:
tokobaru.com adalah domain utama yang menggunakan WP sebagai LP.
tokobaru.myscalev.com adalah subdomain Scalev Anda di Scalev.
Anda menggunakan form Scalev dengan meng-embed-kannya di tokobaru.com.
Lalu beriklan di Google Ads dan Anda ingin melacak performa iklan dengan UTM.
Saat ini jika terjadi konversi di form embed tersebut di domain tokobaru.com maka tidak akan dapat terlacak UTM-nya ketika masuk menjadi order di Scalev.
Solusinya:
Gunakan kode embed khusus di bawah ini alih-alih pakai embed bawaan Scalev.
<iframe id="myiframe" width="100%" frameborder="0" src="https://usernameanda.myscalev.com/landing-page-baru"></iframe><script>const iframe=document.getElementById("myiframe");function resizeIframe(e){iframe.style.height=e+"px"}function isUrl(e){try{return new URL(e),!0}catch{return!1}}function isJSONObject(e){try{const t=JSON.parse(e);return"object"==typeof t&&null!==t}catch{return!1}}function isIframeSameOrigin(){try{return iframe.contentDocument||iframe.contentWindow.document,!0}catch{return!1}}window.addEventListener("message",function(e){if("https://usernameanda.myscalev.com"===e.origin){if(isUrl(e.data))return void(location.href=e.data);if(isJSONObject(e.data)&&!isIframeSameOrigin()){const t=JSON.parse(e.data);"resize"===t.type&&resizeIframe(t.height)}e.data&&"form_submit"===e.data.event&&(window.dataLayer=window.dataLayer||[],window.dataLayer.push({event:"form_submit_embed"}))}},!1),document.addEventListener("DOMContentLoaded",function(){(new IntersectionObserver(function(e){e.forEach((t=>{if(t.isIntersecting){const e=new URL(iframe.src),t=new URLSearchParams(window.location.search);t.forEach(((t,r)=>e.searchParams.append(r,t))),iframe.src=e.toString(),observer.disconnect()}}))}).observe(iframe)});</script>
Caranya cukup dengan memodifikasi link yang disorot kuning.
Ganti dengan link LP dan subdomain Scalev milik Anda.
Contoh:
https://usernameanda.myscalev.com/landing-page-baru
Ganti dengan:
https://tokoanda.com/landing-page-baru
Itu adalah link LP Scalev Anda yang terdapat form checkout.
Lalu yang kedua,
https://usernameanda.myscalev.com
Ganti dengan:
https://tokobaru.myscalev.com
Itu adalah subdomain Scalev Anda.
Tiap user Scalev pasti punya subdomain tersebut.
Simpan & Terbitkan LP Anda.
===
Kemudian di Google Tag Manager Anda tambahkan Tag baru.
Pilih Custom HTML untuk Tag Type-nya
Lalu masukkan script berikut ini:
<script>
window.parent.postMessage({ event: 'form_submit' }, 'https://domainutamaanda.com');
</script>
Ganti https://domainutamaanda.com dengan domain milik Anda sendiri.
Triggernya pilih Custom Event form_submit yang pernah dibuat.
Save.
Selanjutnya, jika embed form khusus ini Anda gunakan untuk beriklan di Google Ads pastikan triggernya disesuaikan dulu menjadi form_submit_embed.
Buat baru trigger Custom Event di tag Google Ads Conversion Tracking yang sudah ada, kalau sebelumnya menggunakan Custom Event dengan value form_submit maka untuk trigger yang baru ini ini ubah menjadi form_submit_embed.
Setelah itu form embed Scalev Anda dapat melacak UTM seperti biasa walaupun tidak pakai LP Scalev untuk beriklan.
===
NOTE:
Perlu diingat bahwa kode embed di artikel ini memodifikasi kode embed bawaan Scalev yang digunakan khusus untuk melacak konversi iklan dari Google Ads dengan UTM di landing page non-Scalev.