Seperti yang pernah dibahas di artikel optimasi LP sebelumnya ketika Anda membuat LP baru di Scalev itu pengaturan bawaannya sudah dioptimalkan untuk speed.
Tetapi kalau Anda sudah ikhtiar mengikuti semua instruksi optimasi di artikel tersebut namun merasa hasilnya kurang memuaskan.
Maka fitur Speed Boost ini boleh dicoba oleh Anda.
Speed Boost yang saya maksud dan akan dibahas di artikel ini adalah fitur Client Analytics Config (Experimental).
Fitur ini mengatur cara kerja pixel Analitik yang Anda tambahkan ke Scalev (seperti Facebook Pixel, TikTok Pixel, SnackVideo Pixel, dll) dan dimuat ke dalam LP Anda ketika diakses oleh visitor.
Cara kerjanya akan saya bahas satu per satu di bawah ini.

Lokasi fitur ini terletak di pengaturan LP.
Landing Page Studio > Pengaturan > Speed Boost
Pilihannya ada 3, yaitu:
- Head
- Body Close & 3-Second Delay
- Web Worker
Head
Metode bawaan yang paling umum digunakan.
Sudah jadi pilihan standard di internet.
Cara kerjanya:
- Ketika suatu LP diakses, browser Anda menunggu dulu semua script dan pixel yang terpasang di Head
<head>agar dimuat lebih dulu (prioritas tinggi) sebelum yang lainnya. - Durasi browser menunggu ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti aplikasi browser yang digunakan, kecepatan koneksi internet, jumlah konten LP yang akan ditampilkan, dll.
- Jika stabil, paling cepat 1 detik.
- Umumnya, rata-rata 1-3 detik.
- Jadi jelek, jika durasinya sampai 4-5 detik ke atas.
Metode ini memastikan pixel Analitik berjalan duluan agar dapat melacak aktivitas visitor sesegera mungkin ketika berinteraksi dengan LP Anda.
Kadang stabil. Kadang tidak stabil.
Yah, tergantung oleh beberapa faktor yang disebutkan tadi.
Body Close & 3-Second Delay
Metode ini menempatkan kinerja pixel Analitik tidak di dalam <head>, tetapi di bagian bawah LP sebelum penutupan </body>.
Pixel Analitik tersebut tidak langsung dimuat saat LP diakses, tapi menunggu jeda waktu 3 detik (delay) setelah semua konten LP sudah beres ditampilkan lebih dulu.
Setelah itu baru pixel Analitik berjalan dan mulai melacak aktivitas visitor.
Web Worker
Metode ini menempatkan kinerja pixel Analitik secara terpisah dari proses tampilan LP Anda.
Tidak dimuat di <head> tidak juga dimuat di penutupan </body>.
Tapi bekerja di balik layar (background process) di dalam browser Anda.
Tidak mengganggu tampilan konten LP, tidak juga memberatkan LP.
Mulai melacak aktivitas visitor ketika suatu event di LP Anda ketrigger.
===
Metode mana yang harus dipilih untuk semakin mengoptimalkan kinerja LP Scalev?
Jawaban singkat:
Web Worker.
Jawaban kondisional:
- Pilih Web Worker jika Anda:
- Banyak menggunakan pixel Analitik lebih dari 1 pixel
- Baik itu dari jenis pixel yang sama maupun campuran. Contoh: pakai Facebook Pixel iya, TikTok Pixel Iya, SnackVideo iya pakai juga.
- Apalagi kalau ditambah pixel backup dari jenis Analitik yang sama.
- Pilih Body Close & 3-Second jika Anda:
- Mengisi konten LP dengan banyak komponen seperti gambar, slider, FAQ, animasi, dll.
- Hanya pakai 1 pixel dari 1 jenis saja. Contoh: cuma pakai satu Facebook Pixel aja.
- Memakai komponen Video / HTML yang menampilkan video YouTube atau yang sejenis.
Pengaturan tingkat lanjut ini tidak harus selalu dilakukan oleh Anda di setiap LP.
Opsional.
Dalam artian Anda tidak harus selalu mengutak-atik fitur Speed Boost ini.
Biarkan saja paling amannya tetap dalam posisi pengaturan bawaan dari Scalev, yaitu metode Head.
Namun jika Anda merasa metode Head bawaan Scalev kinerjanya sudah mulai tidak stabil, maka saran saya kembali ke jawaban kondisional di atas.