Untuk membuat custom audience ini, Anda perlu mempersiapkan data berupa email, nomor telepon, dan lain-lain yang akan Anda unggah ke Facebook Ads. Berikut merupakan ketentuan format yang perlu dipenuhi sebelum mengunggah datamu
- Minimal Anda perlu mencantumkan salah satu dari data email, nomor HP, mobile advertiser ID, Facebook app user ID, Facebook page user ID, nama depan, atau nama belakang.
- Lengkapi data nomor handphone dengan menggunakan kode area negara. Jika pembeli berada di Indonesia, Anda dapat menggunakan (+62).
- Bila terdapat data berupa nama, tempatkan nama depan dan nama belakang dalam kolom terpisah.
- Pastikan data disimpan dalam format .csv.
Semakin banyak data yang dapat disediakan (data opsional seperti lokasi, umur, jenis kelamin, dll) akan semakin baik. Facebook akan lebih mudah mencocokkan data yang diupload dengan data yang terdapat di Instagram/Facebook sehingga custom audience yang dibuat akan jauh lebih akurat.
Walaupun hanya beroperasi di negara tertentu, ada baiknya untuk tetap mencantumkan data negara untuk mempermudah Facebook mencocokkan dengan data yang tersebar di seluruh dunia.
Berikut merupakan contoh dari template tabel yang dapat Anda unduh melalui Facebook Ads

Template CSVnya bisa di download di sini
Apabila data telah disiapkan, Anda dapat menuju ke Menu Audience.
Silahkan ke menu Datasets & Pixel → klik pixelnya → klik event manager

Setelah menu audience terbuka, klik create audience lalu pilih opsi custom audience, kemudian pilih Customer list pada bagian Your Sources.


Apabila terdapat data nilai atau value dari data yang Anda unggah (seperti total jumlah uang yang Anda dapatkan dari pembeli), pilih bagian Yes. Menambah data value memungkinkan Anda untuk membuat lookalike audience dan menarget orang-orang berdasarkan daya belinya.
Sedangkan apabila tidak terdapat data value, Anda dapat pilih opsi No. Kemudian, centang checkbox yang ada di bawah halaman untuk menyetujui ketentuan-ketentuan Meta dan klik Next.

Pada bagian berikutnya, Anda dapat mengunggah data yang telah Anda siapkan dengan mengklik bagian upload file. Penting untuk memberi nama pada data audiens yang Anda unggah agar mudah untuk diingat dan digunakan.
Anda juga dapat menambahkan catatan tambahan dengan cara mengklik Add Description. Jika data sudah terunggah, klik Next.

Pada bagian berikutnya, Facebook akan melakukan pengecekan terhadap data yang akan Anda upload untuk memastikan data-data yang diperlukan Facebook untuk membuat custom audience telah tersedia dan setiap kriteria telah berhasil dicocokkan.
Jika terdapat ketidaksesuaian, Anda dapat melihat informasi lebih detail pada bagian action needed. Untuk dapat melanjutkan proses, Anda dapat mengklik Import & Create.

Proses pengunggahan data dan hashing akan dimulai. Setelah proses pengolahan data selesai dan data telah berhasil diunggah, Anda akan mendapatkan pesan konfirmasi bahwa customer list custom audience telah berhasil dibuat.
