Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Tutorial Cara Mengambil Conversion API Access Token (Supaya Bisa Diintegrasikan dengan Account Scalev Anda)

Anda mungkin menerima peringatan dari Meta di Events Manager terkait error seperti click ID, client_ip_address, fbp, fbc, dll.

Nah, Anda tidak perlu khawatir karena bisa jadi itu disebabkan oleh settingan pixel Anda di masa lalu.

Solusinya: pastikan pixel Anda mengikuti settingan Best Practices dari Meta.

Pertama, Anda harus membuat pixel Dataset dulu.

Caranya:

  1. Klik Settings
  2. Klik menu Datasets
  3. Klik tombol Add 

Dikatakan Dataset karena sekarang datangnya data event tidak hanya dari pixel saja, melainkan dari berbagai sumber, bisa dari: pixel, Conversion API, App, atau Offline Conversion.

Untuk pemain toko online umumnya akan membutuhkan 3 data event (kecuali App).

Lanjut.

Klik Create new dataset

Di popup berikutnya:

  1. Name – beri nama untuk dataset baru Anda
  2. Matikan centang jika field kotak kecil ini tercentang
  3. Klik tombol Create

Setelah berhasil dibuat, pergi ke Events Manager.

  1. Klik nama dataset baru Anda
  2. Klik ikon titik tiga
  3. Klik Open in Events Manager

Di halaman Events Manager klik tab Settings lalu scroll ke bawah untuk mencari bagian Conversions API.

Di bagian Conversions API > Setup direct integration > Set up with Dataset Quality API > klik link Generate access token

Dataset Quality API adalah update terbaru dari Meta untuk meningkatkan kinerja iklan menjadi lebih baik dibandingkan dengan yang tanpa ini.

NOTE: Sekali mengaktifkan Dataset Quality API pada dataset Anda maka Anda tidak dapat mengembalikannya ke versi lama. Pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membuat keputusan.

Pastikan Anda memilih dataset yang benar-benar ingin memakai fitur Dataset Quality API ini.

Pilihan yang centangnya sudah berwarna abu artinya sudah aktif dengan fitur ini.

Centang kosong pada dataset yang tidak diinginkan.

Token inilah yang harus Anda copy lalu masukkan ke pixel Anda di pengaturan Analitik di Scalev.

Ulangi Generate access token ini setiap 90 hari supaya kinerja dataset Anda terus berjalan dengan lancar.

NOTE:

Sebelum user dapat menggenerate access token, maka pastikan terlebih dulu role user tersebut di BM Anda sudah memiliki akses ke Apps and integrations.

Cara memastikannya seperti ini:

1. Masuk ke BM Meta Anda dan klik ikon gear di sebelah kiri bawah

2. Lalu klik menu People, lalu muncul daftar orang yang ada di BM Anda

3. Klik titik tiga di sebelah kanan nama orang yang ingin dipastikan hak aksesnya

4. Akan muncul dialog seperti screenshot ini:

5. Pastikan toggle Manage untuk “Apps and integrations” sudah menyala, kalau belum aktif maka nyalakan dulu.

6. Klik tombol Save

Setelah itu Anda atau anggota di BM Anda dapat menggenerate access token pada pixel yang akan digunakan beriklan.

Aktifkan fitur Automatic Website Matching

Selanjutnya coba pastikan pengaturan Automatic Website Matching di tab Settings pixel Anda diaktifkan semua.

Supaya Meta dapat mencocokkan parameter yang dikirimkan melalui CAPI dari website Anda.

Jika posisi sebelumnya Off (nonaktif) seperti ini:

Maka klik toggle Off tersebut untuk mengaktifkannya On (aktif).

Nonaktifkan fitur tracking otomatis

Masih di halaman tab Settings dataset baru Anda, scroll ke bawah dan cari bagian Events Setup > Track events automatically without code.

Pastikan fitur ini Off (nonaktif) ini untuk mencegah event random yang mungkin tidak akan diperlukan untuk funnel bisnis Anda.

Buat conversion api 8

Sampai sini pengaturan pixel Meta dan CAPI Anda sudah berhasil dioptimalkan.

Jangan lupa cek dan pastikan kalau pixel Anda sudah mengikuti Best Practices Meta di tutorial ini: Tutorial Cara Setting Pixel Sesuai Best Practices dari Meta

Apakah artikel ini membantu Anda?
YaTidak
Subscribe
Notify of
guest
16 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments